26 March 2013

Bocoran Windows Blue

Microsoft dikabarkan sedang menyiapkan sistem operasi penerus Windows 8, yang disebut-sebut akan dinamakan Windows Blue. Berita seputar versi update sistem operasi Windows 8 ini mulai banyak beredar.

Kali ini screenshot tampilan Windows Blue bocor di internet. Screenshot tersebut diposting ke Winforum. Sekilas tampilannya mirip seperti Windows 8, namun Microsoft menambahkan sejumlah peningkatan fitur pada sistem operasi terbarunya ini.
Windows Blue masing mengusung konsep gaya kotak-kotak ala Windows 8, hanya saja tampilan depan kotak-kotak (yang biasa disebut Live Tiles) pada Windows Blue dapat diperbesar dan diperkecil sesuai keinginan, sama seperti yang ada pada Windows Phone 8.

Dikutip dari Engadget, Selasa (26/3/2013), tampilan Windows Blue yang beredar ini merupakan versi Build 9364, yakni versi partner yang semula dikompilasi pada 15 Maret lalu. Menurut situs Neowin, versi Windows Blue 32-bit sudah bisa di-download dengan file ISO sebesar 2,63GB.

Beberapa pembaruan fitur yang diberikan pada Windows Blue antara lain, pengguna dapat mengkustomisasi warna pada susunan Live Tiles. Fitur Snap View juga diperbarui, pengguna kini dapat menjalankan empat aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Ini akan membuat pengguna lebih mudah melakukan pekerja multitasking.

Screenshot tersebut juga menunjukkan adanya pembaruan pada aplikasi kalkulator dan alarm, Internet Explorer 11, opsi Play di bawah panel Devices dan sidebar dengan fitur Share.

Microsoft juga membuat perubahan pada opsi "Setting" sehingga pengguna tablet tidak perlu masuk ke dalam Control Panel desktop untuk mengubah settingan yang diinginkan.

Microsoft disinyalir berupaya membangun versi Windows Blue yang dapat digunakan pada berbagai perangkat mobile dengan tingkat kinerja yang memuaskan. Windows Blue diperkirakan akan diperkenalkan dalam beberapa bulan mendatang.

Dilansir Cnet, Stephen Chapman dari MSFTKitchen menyebutkan bahwa Microsoft juga sedang mengembangkan versi Windows Blue yang lainnya antara lain:
  • Windows Blue RT
  • Windows Blue Personal
  • Windows Blue Professional
  • Windows Blue Standard Server
  • Windows Blue Enterprise Server
  • Windows Blue Datacenter Server
  • Windows Blue Web Server
Sumber : http://tekno.liputan6.com/


No comments:

Post a Comment

DanZen

DANZEN BLOG | Seputar Teknologi dan Internet

ads

Popular Posts