27 April 2013

10 Negara dengan Internet Tercepat di Dunia


emerginggrowth.com
Akamai Technologies, network provider yang berbasis di Amerika Serikat merilis laporan "State of the Internet" terbaru yang memaparkan negara-negara yang memiliki kecepatan koneksi internet tercepat.

Dari laporan tersebut terungkap negara-negara Asia Timur yang langganan teratas "royal" bandwidth, seperti Korea Selatan, Jepang, dan Hong Kong, masih menjadi tiga negara dengan koneksi internet tercepat di dunia.

Korea Selatan masih menjadi negara dengan koneksi rata-rata tercepat di seluruh dunia pada kuartal 4 tahun 2012. Rata-rata kecepatan internet di negeri "K-Pop" tersebut mencapai 14 Megabit per detik.

Meski begitu, kecepatan rata-rata internet di Korea Selatan sebenarnya mengalami sedikit penurunan. Apabila dibandingkan dengan kuartal 3 2012, kecepatan rata-rata internet di Korea Selatan menurun 4,8 persen.

Jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2011, kecepatan internet di Korea Selatan menurun cukup jauh, yaitu sekitar 13 persen.

Sekadar informasi, satuan kecepatan internet yang tercantum dalam laporan Akamai tersebut adalah Mb (M dalam huruf kapital dan b dalam huruf kecil). Hal tersebut melambangkan satuan Megabit. Apabila mau dikonversi ke satuan MB (keduanya huruf kapital) atau Megabyte, angka dalam Megabit harus dibagi 8 terlebih dahulu. Jadi, rata-rata kecepatan internet di Korea Selatan adalah 14 Megabit per detik atau 1,75 Megabyte per detik.

Jepang, negara yang baru merilis layanan koneksi internet tercepat di dunia, berada di peringkat kedua dalam laporan Akamai ini. Kecepatan rata-rata internet di negara tersebut adalah 10,8 Mb per detik, meningkat 3,4 persen dari kuartal sebelumnya, dan 19 persen dari kuartal yang sama di tahun 2011.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (25/4/2013), Hong Kong berada di peringkat ketiga dalam laporan tersebut. Namun, kecepatan rata-rata di negara tersebut tidak mampu menembus angka 10 Mb per detik. Hong Kong hanya mampu menghadirkan internet berkecepatan 9,3 Mb per detik, meningkat 3,4 persen dari kuartal sebelumnya, dan 5,4 persen di tahun sebelumnya.

Negara lain yang berada dalam daftar ini adalah Latvia, Swiss, Belanda, Republik Ceko, Amerika Serikat, Swedia, dan Finlandia. Kecepatan internet di negara tersebut ada di antara 7 Mb per detik hingga 9 Mb per detik.

Secara total, kecepatan rata-rata internet di dunia adalah 2,9 Mb per detik, mengalami peningkatan 5 persen dari kuartal sebelumnya, dan meningkat tinggi hingga 25 persen dari kuartal yang sama di tahun 2011.

Berikut daftar 10 negara dengan kecepatan rata-rata internet tertinggi di dunia.

Sumber





Sumber : kompas.comakamai_soir_q4_2012

24 April 2013

Internet Terkencang di Dunia

emerginggrowth.com
Google Fiber yang baru diterapkan di Kansas City, Amerika Serikat, adalah salah satu jaringan internet terkencang di dunia dengan kecepatan 1 Gbps.

Nah, rekor itu baru saja dipecahkan oleh sebuah provider internet asal Jepang, So-net, cabang perusahaan raksasa elektronik Sony, yang menawarkan layanan internet fiber optic baru bernama "Nuro" untuk penduduk Tokyo, Jepang.

Kecepatannya? 2 Gbps atau dua kali lipat Google Fiber. Pihak So-net mengklaim koneksi internet ini adalah yang tercepat di dunia.

Nuro menggunakan jaringan Gigabit-capable Passive Optical Network (GPON) Jepang yang kabarnya sanggup mencapai kecepatan downstream 2,488 Gbps.

Yang tak kalah menarik adalah harganya. So-net hanya mematok biaya bulanan senilai 50 dollar AS atau sekitar Rp 490.000, lebih rendah dari Google yang menarik biaya 70 dollar AS.

Meski begitu, seperti dilaporkan oleh Tech Spot, ada biaya instalasi sebesar 540 dollar AS yang harus dibayar sebelum pelanggan So-net bisa menikmati kecepatan koneksi luar biasa tersebut.

Kemungkinan biaya tersebut diperlukan untuk memasang kabel fiber optic menuju rumah pelanggan yang belum tercakup oleh jaringan So-net. Sebaliknya, pelanggan Google Fiber tidak perlu menanggung biaya ini karena sudah ditanggung oleh Google.

So-net pun mensyaratkan sistem kontrak selama dua tahun, dua kali lebih lama dari kontrak satu tahun yang disyaratkan Google.

Tokyo sendiri adalah tempat yang cocok untuk membangun koneksi internet berbasis fiber. Di sini, sekitar 25 persen rumah tangga telah menggunakan koneksi internet kabel serat kaca itu.

Sumber : kompas.com

16 April 2013

Spesifikasi Google Glass

Berita tentang perangkat kacamata pintar Google Glass terus bergulir. Setelah mengumumkan bahwa perangkat kontroversial ini telah siap diproduksi, Google juga telah merilis spesifikasi resmi dari gadget buatannya itu.
 komponen yang ditanam Google? Mari kita mulai dari layar/ lensa. Seperti dikutip dari Techcrunch, layar yang tak ubahnya lensa kacamata Google Glass diklaim bakal memiliki resolusi yang "setara dengan display high definition dilihat dari jarak 2,5 meter".

Kendati demikian, dalam keterangan spesifikasi, Google tidak mencantumkan berapa persisnya resolusi layar Google Glass.

Dalam panduan Google Glass untuk developer, Google menyatakan bahwa foto-foto yang ditampilkan melalui perangkat itu harus memiliki resolusi 640 x 360. Besar kemungkinan bahwa angka tersebut mewakili resolusi yang sebenarnya dari Google Glass.

Versi pertama kacamata pintar Google ini juga akan dibekali kamera yang mampu merekam video HD 720p. Media penyimpanan internal berukuran 16 GB (dengan 12 GB ruang kosong yang bisa dipakai) dapat menyimpan hasil tangkapan gambar atau rekaman video.

Media penyimpanan ini juga akan tersinkronisasi dengan layanan cloud storage Google.

Soal baterai, Google mengklaim bahwa Google Glass bisa bertahan seharian. Akan tetapi, ditambahkan pula bahwa daya tahan baterai tersebut bisa menurun apabila penggunanya memakai fitur-fitur rakus energi seperti merekam video atau ngobrol bareng di Google Hangout.

Nah, salah satu fitur yang paling unik adalah "bone conduction transducer". Kacamata pintar ini bisa mentransmisikan suara ke telinga bagian dalam melalui tulang tengkorak penggunanya. Berkat fitur ini, pengguna tak memerlukan headphone untuk mendengar suara dari Google Glass.

Berikut ini spesifikasi lengkap Google Glass.

Fitting:
- Bantalan hidung dan frame yang bisa disesuaikan dengan semua bentuk wajah
- Bantalan hidung tambahan dalam dua ukuran

Layar:
"Resolusi tinggi setara dengan display high definition dilihat dari jarak 2,5 meter"

Kamera:
- Foto: 5 megapiksel
- Video: HD 1280x720 p

Audio:
"Bone Conduction Transducer"

Konektivitas:
- WiFi 802.11b.g
- Bluetooth

Media penyimpanan:
16 GB, dengan kapasitas yang bisa dipakai sebesar 12 GB, tersinkronisasi dengan layanan cloud storage Google.

Daya tahan baterai:
Satu hari penuh, kecuali dipakai untuk merekam video atau video conferencing (hangout)

Charger:
Charger khusus dengan port micro-USB

Kompatibilitas:
- Semua ponsel dengan kapabilitas Bluetooth
- Software pendamping MyGlass membutuhkan sistem operasi Android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) atau yang lebih baru. MyGlass membuka fitur GPS dan SMS pada Google Glass.

14 April 2013

OTAK APPLE

Apple Tak Lagi Membutuhkan "Otak" Samsung


iFixit Papan sirkuit iPhone 5 dengan prosesor A6 yang diproduksi oleh Samsung
Apple berniat tak lagi menggunakan prosesor buatan Samsung yang selama ini menjadi "otak" bagi perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Laporan terakhir menyebutkan bahwa Apple benar-benar ingin mewujudkan rencana itu.

Seperti dikutip oleh Cnet dari The Korea Times, Apple tidak memasukkan nama Samsung dalam proyek pengembangan prosesor mobile terbaru, yakni seri A7.

Prosesor seri A7 ini akan tertanam di perangkat iPhone dan iPad generasi berikutnya. Sebelumnya, prosesor A6 dan A6X yang digunakan oleh iPhone 5 dan iPad generasi keempat dibuat oleh Samsung menggunakan basis rancangan dari Apple.

Kini, Apple dikabarkan telah mengoper produksi cip ke perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). "TSMC  sudah mulai menugaskan para kontraktornya untuk menyalurkan komponen yang diperlukan untuk tahap produksi prosesor Apple itu," tulis The Korea Times, mengutip seorang sumber dari mitra Samsung.

Samsung dan Apple memang memiliki hubungan yang unik. Di satu sisi, divisi perangkat mobile kedua perusahaan bersaing ketat memperebutkan pangsa pasar smartphone dan tablet. Keduanya bahkan bersengketa hukum dalam hak paten teknologi software dan desain.

Sementara dalam divisi semikonduktor, keduanya justru bersahabat. Dari pabrik seluas dua kali lapangan sepak bola di Austin, Texas, Amerika Serikat, Samsung memasok komponen prosesor untuk produk mobile Apple.

Hubungan kerjasama ini telah berlangsung selama bertahun-tahun. Namun, belakangan ketegangan antar kedua perusahaan itu makin meningkat menyusul persaingan pasar dan perselisihan hak paten di ruang sidang

Sumber : kompas.com

12 April 2013

Aplikasi Android Bisa Dipakai Membajak Pesawat

Wikimedia Commons/US Air National Guard Ilustrasi. Pesawat-pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Garda Nasional Udara AS.
Seorang konsultan keamanan digital bernama Hugo Teso asal Jerman, menunjukan bagaimana sebuah aplikasi Android yang ia kembangkan secara khusus, dapat digunakan untuk mengambil alih kendali pesawat komersial.

Dalam sebuah forum keamanan digital Hack in the Box di Amsterdam, Belanda, Teso membawa jurnal ilmiah berjudul Aircraft Hacking: Practical Aero Series. Ia menunjukkan aplikasi yang dapat mengekstrak informasi penting dari sistem pesawat terbang. Bahkan, aplikasi itu dapat digunakan untuk mengendalikan pesawat.

Aplikasi itu diberi nama PlaneSploit yang dijalankan Teso dalam ponsel pintar Samsung Galaxy. Berikut tampilan aplikasinya:

Tampilan aplikasi PlaneSploit buatan Hugo Teso, foto oleh isa56k via Instagram

"Presentasi ini akan menjadi demonstrasi praktis tentang bagaiamana mengambil alih kontrol penuh pesawat terbang dari jarak jauh, untuk memperlihatkan hasil dari tiga tahun penelitian saya di bidang keamanan penerbangan," tulis Teso dalam abstrak jurnal ilmiahnya.

Caranya, bisa dilakukan dengan masuk ke sistem kemudi pesawat secara nirkabel. Atau, bisa juga dilakukan dengan membuat sistem rencana perjalanan lain, yang kemudian diunggah ke dalam sistem milik aplikasi khusus itu.

Ia mampu memanipulasi kemudi dari pesawat jet Boeing sementara pesawat itu dalam modus "autopilot."

Teso, yang sempat dilatih sebagai pilot, mengatakan bahwa beberapa sistem pesawat ada yang tidak terenkripsi dan tidak aman. Ia mengetahui akses ke sistem itu sehingga bisa mengendalikan pesawat.

Apa yang dijelaskan Teso ini belum diujicoba secara langsung di pesawat yang membawa penumpang ke suatu tempat. Ia lebih memilih untuk menguji di sebuah laboratorium sistem pesawat. Ia juga tak akan mendistribusikan PlaneSploit kepada umum.

Sumber : kompas.com

10 April 2013

Bahaya Main Game Tanpa Antivirus


















Para pemain game online ternyata berpotensi tinggi terpapar ancaman cyber. Hal itu bisa terjadi karena seringkali para gamer online menonaktifkan aplikasi keamanan pada komputernya, membuat sistem komputernya tidak terlindungi sama sekali.

Mengapa pemain game online memutuskan untuk mematikan aplikasi keamanan? Jawabannya cukup sederhana. Mereka tidak ingin game yang dimainkan menjadi "berat" atau menyebabkan lagi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga keamanan Eset terhadap 1.000 pemain game asal Inggris, sekitar 30 persen diantaranya mengakui telah menutup aplikasi keamanan komputernya sebelum mulai bermain.

Akhirnya, karena sudah tidak ada lagi pengamanan, separuh dari mereka yang menonaktifkan fitur keamanan terkena infeksi malware dan butuh lebih dari dua hari untuk melakukan perbaikan komputer agar kembali normal.

Pertanyaannya, apa saja ancaman terbesar yang sebenarnya dihadapi oleh para gamer online? Menurut Eset dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Selasa (9/4/2013), ada empat ancaman yang terus mengintai para pemain game online.

1. Phishing: Hati-hati dengan situs-situs game palsu yang menebar ancaman di dunia game online dan beberapa diantaranya menggunakan URL yang sepintas mirip dengan aslinya. Apabila terjebak, bisa saja komputer gamer terinfeksi malware dan kehilangan berbagai data pribadi.

2. Situs jejaring sosial: Banyak akun Facebook palsu yang dibuat untuk kebutuhan melakukan tindak kejahatan. Akun tersebut mengklaim bahwa mereka adalah pengembang game resmi. Sangat dihimbau untuk tidak memberi data pribadi apapun kepada situs seperti ini.

3. Game-game yang mengandung konten malware dan cheating software: Game komputer yang palsu, atau hasil crack potensial menjadi penyebar malware dan menyebar lewat internet. Para gamer dihimbau untuk ekstra hati-hati dengan email attachment dan USB flash drive.

4. Malware: Saat ini malware game online yang paling luas penyebarannya adalah Win32/PSW.OnLineGames sejenis Trojan yang digunakan untuk melakukan aksi serangan phishing, dan targetnya adalah gamer. Malware jenis ini umumnya muncul dengan keylogging dan rootkit yang beraksi mengumpulkan informasi yang terkait dengan online games dan data user.

Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, ESET memberikan beberapa tip sederhana.

1. Gunakan antivirus: Gunakan software antivirus yang memiliki fitur Antispyware dan Firewall, serta selalu update secara real time.

2. Password: Selalu gunakan password yang tidak mudah ditebak dan berbeda untuk masing-masing akun berbeda.

3. Ketik URL game yang ingin dimainkan. Dengan demikian Anda terhindar dari link-link berbahaya yang muncul di search engine karena salah klik.

4. Unduh game dari situs resmi atau beli CD asli agar terjamin kualitasnya. Jangan gunakan game hasil cracked, karena berpotensi mengandung malware.

5. Bermainlah dengan jujur, hindari patch untuk melakukan cheat pada game yang biasanya karena berpotensi mengandung malware.

Sumber : kompas.com

09 April 2013

Mana yang Paling Tidak Aman, Android atau iPhone?


Popularitas sebuah sistem operasi mobile tak selamanya baik, terutama jika berpotensi mengundang serangan para penjahat cyber. Saat ini, sistem operasi untuk ponsel yang paling populer adalah Android dan iOS di iPhone.

Nah, manakah dari kedua sistem operasi tersebut yang paling rentan atau paling tidak aman?

Untuk mencari jawabannya, lembaga riset keamanan SourceFire melakukan sebuah studi bertajuk "25 Years of Vulnerability" yang dirilis pada Maret lalu.

Hasil risetnya cukup mengejutkan. iPhone ternyata mengandung jauh lebih banyak celah keamanan dibanding sistem operasi mobile lain, termasuk Android.

Padahal selama ini yang selalu disebut sebagai sistem operasi yang paling tidak aman adalah Android karena mengusung open source.

SourceFire menyatakan, popularitas iPhone dan kontrol ketat yang diberlakukan Apple terhadap toko aplikasinya justru mendorong para pelaku kejahatan cyber untuk mencari celah di sistem operasi iOS.

Total sebanyak 210 celah keamanan ditemukan di iPhone. Jumlah itu mewakili 81 persen dari keseluruhan jumlah celah keamanan yang ada di sistem operasi mobile, dan jauh lebih besar dari total celah keamanan di smartphone berbasis OS Android, Windows, dan BlackBerry yang angka gabungannya hanya mencapai 19 persen.
SourceFire


Yes Younan, seorang peneliti senior SourceFire, mengatakan bahwa perangkat mobile Apple mengalami peningkatan year-over-year yang signifikan dalam hal jumlah celah keamanan yang ditemukan, meski iOS selalu mengimplementasikan fitur-fitur keamanan baru dalam setiap update.

Dengan sistem operasi Android, menurut Younan, para penjahat cyber rupanya kurang termotivasi untuk mencari celah keamanan pada smartphone. Ini karena sifat terbuka Android yang memudahkan hacker untuk memasukkan atau mengirim aplikasi jahat ke pengguna.

Di sisi lain, hal tersebut sulit dilakukan di perangkat iOS karena Apple mengontrol aplikasi-aplikasi yang beredar di platform miliknya dengan ketat. Maka dari itu, para penjahat cyber makin tertantang untuk mencari celah keamanan di sistem software Apple sendiri.

Sumber : kompas.com

07 April 2013

16 Ponsel Paling Ikonik Sepanjang Masa

Telepon seluler atau ponsel telah menemani manusia selama 40 tahun. Seorang insinyur Motorola bernama Martin Cooper, pertama kali melakukan panggilan dari ponsel pada 3 April 1973 di Amerika Serikat.

Panggilan pertama itu dilakukan Cooper dengan ponsel Motorola DynaTAC 8000x yang berukuran besar dan bobotnya mencapai 2,5 kg. Dengan penuh percaya diri, Cooper membawa ponsel itu di tengah kota New York.

"Saat itu aku berjalan menyusuri kota sambil berbicara dengan teman di ponsel. Warga New York ternganga saat melihat seseorang benar-benar bergerak sambil melakukan panggilan telepon," kenang Cooper. "Perlu diingat, bahwa tahun 1973, tidak ada telepon tanpa kabel atau telepon seluler."

Pada 1983, produksi ponsel membutuhkan biaya sekitar 3.500 dollar AS. Hal ini mungkin jadi penghalang misi Cooper yang menginginkan ponsel diproduksi secara massal. Tetapi, ia percaya suatu hari nanti biaya produksi akan semakin murah, dan bentuk ponsel akan menjadi kecil.

Impian Cooper jadi kenyataan. Biaya produksi ponsel kini jadi murah, bentuk makin kecil dan fungsi makin cerdas.

Ponsel melewati beberapa tahap pengembangan. Dimulai dari ponsel tanpa layar, lalu memakai layar namun masih monokrom, kemudian kini memakai layar berwarna jenis LED.

Dari sekian banyak model ponsel, ada beberapa yang memiliki desain paling ikonik dan sempat menjadi ponsel terandal di jamannya. Memperingati 40 tahun usia ponsel menemani kehidupan manusia, KompasTekno mengajak Anda untuk mengenang desain ponsel paling ikonik sepanjang masa.

1. Motorola DynaTAC

1. Motorola DynaTAC
Ponsel ini sering dipakai sebagai peralatan syuting film Holywood tahun 1980-an. Baterai Motorola DynaTAC kala itu hanya bisa dipakai 60 menit untuk menelepon. Sementara untuk mengisi daya baterainya, perlu waktu hingga 10 jam.

2. Motorola 4500x

2. Motorola 4500x
Yang satu ini lebih cocok disebut telepon mobil. Ukurannya seperti tas tangan, dan bisa dibawa ke mana saja. Meskipun, ukuran yang besar dan bobot yang berat membuat penggunanya agak kerepotan.

3. Philips C12

3. Philips C12
Dibuat oleh produsen Philips, C12 dirilis sekitar tahun 1990-an. Ia mengusung desain candybar atau ponsel persegi panjang di mana layar dan tombol fisik navigasi serta nomornya berada dalam satu ruang.

4. Nokia 3310

4. Nokia 3310
Dirilis tahun 2000, Nokia 3310 bisa disebut memiliki desain yang revolusioner. Perusahaan Finlandia ini membuat desain yang cantik, dengan lekukan yang dinamis. Menurut beberapa catatan, Nokia 3310 masuk dalam jajarang ponsel paling populer sepanjang masa.

Permainan Snake 2, membuat pengguna merasa ketagihan. Perusahaan aksesori menjadi marak bermunculan sejak kehadiran ponsel-ponsel Nokia yang bisa diganti casing bagian depan maupun belakang.

5. Ericsson T28

5. Ericsson T28
Ericsson T28 juga menjadi ponsel favorit di jamannya karena hadir dengan desain tipis dan ringan, bobotnya hanya 81 gram. Namun, sebagian pengguna mengeluhkan layar yang terlalu kecil sehingga membuat sedikit frustasi saat membaca pesan.

Ericsson T28 memicu industri untuk membuat ponsel lebih kecil dan muat di saku.

6. Ericsson T68

6. Ericsson T68
Diluncurkan pada 2001, T68 adalah ponsel pertama dari Ericsson yang dibekali layar berwarna. Kala itu ia sudah mendukung 256 warna dan mengusung resolusi 101 x 80 pixel.

Setahun kemudian, Sony dan Ericsson mendirikan perusahaan patungan bernama Sony Ericsson. Mereka merilis ponsel T68i dan menjadi salah satu ponsel pertama yang dibekali aksesori tambahan kamera. Kamera di sini hanya akseseori opsional yang bisa dihubungkan ke ponsel.

7. BlackBerry 6230

7. BlackBerry 6230
Ini salah satu ponsel yang bisa diajak bekerja di jamannya. Ketika sedang berada di bandara, misalnya, Anda bisa sambil membaca pesan elektronik dan membalasnya. Kedengarannya sederhana jika di jaman sekarang, tapi BlackBerry 6230 adalah ponsel mewah di tahun 2003.

Papan ketik fisik format QWERTY, mempermudah pengguna dalam mengetik pesan.

8. Sony Ericsson V800

8. Sony Ericsson V800
V800 merupakan ponsel model kulit kerang. Anda harus membuka bagian layarnya jika ingin menggunakan ponsel.

V800 jadi salah satu ponsel yang masuk ke Inggris dengan teknologi jaringan nirkabel 3G, dan sangat diandalkan operator seluler Vodafone. Kamera yang digunakan bersensor 1,3MP yang bisa diputar sehingga pengguna dapat melakukan panggilan video.

Memori internal yang disediakan sebesar 7MB dan dapat diperluas dengan kartu Memory Stick Duo hingga 16GB.

9. Motorola Razr V3

9. Motorola Razr V3
Razr tampil begitu menawan. Motorola mendesainnya dengan ramping dan mengusung model kulit kerang. Razr V3 sempat jadi ponsel pilihan kaum perempuan kelas atas, karena Motorola menyediakan model warna merah muda.

10. LG Chocolate

10. LG Chocolate
Satu lagi ponsel yang menjadi pilihan kaum hawa, adalah LG Chocolate atau KG800. Selain hitam, putih dan cokelar, ponsel ini juga tersedia dalam warna merah muda.

11. Motorola Rokr E1

11. Motorola Rokr E1
Setelah sukses dengan seri Razr, Motorola merilis ponsel seri Rokr. Untuk memperkaya pengalaman mendengarkan musik di Rokr E1, Motorola bekerjasama dengan Apple untuk menyematkan perangkat lunak multimedia iTunes. Pengguna bisa mensinkronisasikan akun iTunes di Rokr E1 dan menikmati hingga 100 lagu.

Namun, tampilan antarmuka Rokr E1 tidaklah menarik. Ia terpaksa menjadi ponsel gagal dan tersingkir dengan pemutar musik digital iPod buatan Apple.

12. Nokia N95

12. Nokia N95 Front Open
N95 dirilis saat Nokia sedang berada di puncak kejayaan. Dirilis pada tahun 2007, N95 sudah bisa disebut sebagai ponsel pintar karena memakai sistem operasi Symbian 9.2. Ia menawarkan serangkaian fitur canggih, termasuk kamera 5MP, GPS, dan perangkat lunak browser untuk berselancar internet.

Media penyimpanan data N95 bisa diperluas dengan kartu memori MicroSD. Ponsel inilah yang menandai pemakaian MicroSD sebagai media penyimapanan data tambahan untuk ponsel, mengingat ukurannya yang kecil.

13. Apple iPhone

13. Apple iPhone
Tak dapat disangkal bahwa iPhone masuk dalam jajaran ponsel ikonik. iPhone generasi pertama bisa disebut sebagai iPod yang bisa menelepon dan berkirim pesan. Karena, iPhone kala itu tak bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga, dan sangat lambat. Namun ia telah mendukung navigasi layar sentuh.

Namun Apple terus mengembangkan iPhone dan membangun ekosistem aplikasi sehingga menjadi yang terkuat di masa kini. Desain iPhone menginspirasi bentuk ponsel pintar yang sekarang ada di pasar.

14. T-Mobile G1 dengan Google

14. T-Mobile G1 dengan Google
Konsorsium Open Handset Alliance sudah terbentuk, dan salah satu pemimpinnya adalah perusahaan internet Google yang mulai serius mengembangkan sistem operasi mobile Android.

T-Mobile G1 sejatinya adalah ponsel yang dibuat oleh produsen asal Taiwan. HTC. Tapi di Amerika Serikat, G1 tidak mengusung nama HTC. Menurut Google dan operator seluler saat itu, merek HTC belum cukup kuat dalam bisnis ponsel. Sehingga di Amerika dan beberapa negara lain, G1 memakai nama dari operator seluler yang menjualnya.

Kala itu G1 belum didesain layar sentuh penuh, karena pengguna dianggap belum siap memakai ponsel layar sentuh. Atas dasar itu, G1 didesain dengan papan ketik fisik dan trackball seperti ponsel BlackBerry.

15. Motorola Aura

15. Motorola Aura
Motorola Aura memberi kesan elit bagi pemakainya. Motorola Aura membuat ponsel lainnya seakan terlihat kuno.

Ia diselimuti dengan materi stainless steel. Bagian tengahnya didesain bulat. Pengguna yang ingin mengaktifkan ponsel harus memutar bagian penutup agar ruang papan ketiknya terlihat.

16. Samsung Galaxy S2

16. Samsung Galaxy S2
Diumumkan pada Februari 2011, Samsung Galaxy S2 dipandang produk yang mengantarkan Samsung sebagai produsen ponsel kelas atas. Samsung berhasil menggilas kompetitor yang juga mengadopsi Android, seperti HTC.

Di tahun berikutnya, produsen Korea Selatan ini melanjutkan sukses Galaxy S2 dengan merilis Galaxy S III dan Galaxy S4. Jajaran produk ini jadi pesaing serius bagi iPhone.

Sumber : kompas.com

06 April 2013

Alasan Facebook tidak membuat ponsel sendiri

engadget.com

Sempat dikabarkan bakal merilis ponsel atau bahkan sistem operasi buatan sendiri, Facebook akhirnya lebih memilih mengembangkan aplikasi yang terintegrasi erat dengan Android.

Seperti diungkapkan oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg dalam acara peluncuran Facebook Home hari Kamis (4/4/2013) waktu timur Amerika Serikat, pihaknya memiliki pertimbangan strategis di balik keputusan tersebut.

"Kami ingin membawa konten Facebook ke dekat Anda sambil tetap memungkinkan Anda memakai semua aplikasi yang Anda butuhkan kapanpun Anda mau… Kami ingin menyebarkan ini ke sebanyak mungkin pengguna," ujar Zuckerberg di atas panggung, seperti dikutip dari Engadget.

Membuat sistem operasi sendiri dinilai tidak akan membantu mewujudkan tujuan ini, begitu pula dengan "ponsel Facebook" yang hanya akan menjangkau pengguna dalam jumlah terbatas.

Bahkan smartphone terbaik sekalipun, menurut Zuckerberg, paling-paling hanya mampu terjual 10-20 juta unit. Sementara, "Komunitas kami terdiri dari satu miliar lebih pengguna, jadi kami mengharapkan lebih banyak. Tak sekadar ponsel, tapi sebuah ekosistem," lanjutnya lagi.

Maka jadilah Facebook Home. Aplikasi launcher tool ini mengeintegrasikan diri dengan sistem operasi Android serta mengganti layar Home Screen dan Lock Screen di perangkat tempatnya terpasang. Soal ini pun ada alasannya.

"Rata-rata pengguna mengunjungi Facebook 12 Kali sehari, dan layar lock screen dipandangi sebanyak 100 kali setiap harinya," ujar Zuck.

Di layar home dan lockscreen tersebut, Facebook Home menyajikan update dari situs jejaring sosial itu secara real time dan sepanjang waktu. Pengguna pun tetap bisa menjalankan aplikasi-aplikasi lain seperti biasa.
Dengan aplikasi launcher yang menyediakan "rumah baru" bagi para pengguna Android ini, tiap smartphone bisa berubah menjadi "ponsel Facebook"

Sumber : Kompas.com

04 April 2013

5 Ponsel Android Murah Berkualitas


5 Ponsel Android Murah Berkualitas

Melihat perkembangan ponsel berbasis Android di Indonesia itu menarik menurut saya. Kini, banyak vendor ponsel berbasis Android yang berlomba-lomba mengeluarkan ponsel berbasis Android yang murah (bahkan sangat murah) di Indonesia.

Sebut saja Nexian, Smartfren, Lenovo, HTC, dan banyak lainnya yang turut mengeluarkan ponsel berbasis Android yang murah di Indonesia.


saya telah mengumpulkan lima ponsel berbasis Android yang menurut saya murah dan berkualitas. Berikut adalah kelima ponsel tersebut.

1. Nexian Mi230 Xplorer Hawk
  
Ini mungkin ponsel berbasis Android yang paling murah di Indonesia yang pernah saya temukan. Harga ponsel keluaran Nexian ini hanya Rp.499.000. Walaupun murah sekali harganya, ponsel ini sudah dilengkapi dengan prosesor 1 GHz, dual SIM GSM, serta kamera depan dan belakang.

Namun, perlu dicatat ponsel ini tidak mendukung konektivitas 3G yang berarti kita tidak akan mendapatkan konektivitas data yang cepat melalui jaringan operator seluler. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan konektivitas WiFi yang tersedia di ponsel ini.

Melihat harganya yang sangat murah ini jangan berekspektasi terlalu tinggi tentang performa yang ditawarkan. Bisa dibilang ponsel ini cukup berkualitas jika melihat harganya yang sangat murah.
  
2. Smartfren Andromax i

Ponsel berbasis Android dari Smartfren ini cukup membuat saya terkejut ketika dirilis pada akhir tahun 2012 lalu. Harga yang ditawarkan tergolong murah (Rp 1.199.000) jika melihat spesifikasi ponsel yang ditawarkan.

Ponsel ini sudah dilengkapi dengan dual SIM CDMA-GSM, prosesor 1 GHz berinti dua, layar LCD WVGA 4 dengan teknologi IPS, Android versi Ice Cream Sandwich, dan banyak lainnya.

Ponsel ini sempat saya coba dan performanya pun cukup bagus. Sisi tampilan ponsel pun terlihat menarik. Namun, performanya pasti akan menurun ketika pengguna sudah meng-install banyak aplikasi di ponsel ini.

3. Smartfren Andromax U

Ponsel berbasis Android dari Smartfren ini belum lama umurnya karena baru dirilis di awal tahun 2013 ini. Melihat spesifikasi, desain ponsel, dan harga yang ditawarkan (Rp 1.599.000) membuat ponsel ini pilihan yang menarik.

Dari sisi desain, saya sempat melihat langsung ponsel ini dan menurut saya desain ponselnya tidak terkesan seperti ponsel murah meriah, bahkan terkesan seperti ponsel mahal.

Spesifikasi ponsel yang ditawarkan pun cukup tinggi seperti dual SIM CDMA-GSM, prosesor 1,2 GHz berinti dua, dan sudah menggunakan Android versi Ice Cream Sandwich yang bisa diperbarui ke versi Jelly Bean.

Namun, dari beberapa pengalaman orang-orang yang menggunakan ponsel ini, ponsel ini terkadang suka bermasalah sendiri, seperti tiba-tiba mati dan tidak dapat dihidupkan lagi.

4. Lenovo P700i

Awalnya saya cukup terkejut ketika Lenovo aktif mempromosikan ponsel berbasis Android mereka di Indonesia karena seperti yang kita ketahui Lenovo lebih dikenal sebagai produsen laptop di Indonesia. Salah satu ponsel berbasis Android terbaru dari Lenovo ada Lenovo P700i.

Ponsel ini cukup bagus walaupun Lenovo bisa dibilang masih pemain baru di ranah ponsel. Ponsel ini dilengkapi dengan dual SIM GSM, prosesor 1 Ghz berinti dua, dan Android versi Ice Cream Sandwich. Namun sayang, ponsel ini terasa agak tebal di tangan dan tidak terdapat lampu flash di kameranya. Harga: Rp 1.999.000.
  
5. HTC One V

Jika ingin ponsel berbasis Android yang benar-benar berkualitas dan tidak terlalu mahal, HTC One V menurut saya adalah pilihan yang paling bagus. Memang harganya (Rp.2.005.000) tidak semurah ponsel-ponsel lain yang berbasis Android, seperti Smartfren Andromax U dan spesifikasi teknis yang ditawarkan pun sebetulnya lebih rendah.

Namun, HTC One V dengan spesifikasi teknis yang standar untuk ponsel murah bukan berarti performanya tidak bagus. Beberapa kali saya mencoba ponsel ini dan performa yang ditawarkan pun bisa dibilang bagus.

Selain performa yang bagus, kualitas bahan ponselnya pun bagus serta bentuk ponselnya enak untuk dipegang karena tidak terlalu besar. Walaupun harganya tergolong murah, HTC tidak mengorbankan kualitas ponsel.

Jika pembaca ada rekomendasi ponsel berbasis Android lainnya yang murah dan juga berkualitas, pembaca bisa menulisnya di kolom komentar. (TeknoJurnal).

Sumber : Kompas.com

03 April 2013

4 Tipe Utama Pemain Game

 


sulit untuk menciptakan sebuah game yang akan disukai oleh semua orang, tetapi pada diri tiap orang akan selalu ada minimal satu game yang mereka sukai. Lalu apa yang harus menjadi fokus utama dalam proses mendesain sebuah game agar kemudian game yang kita hasilkan bisa diterima dan disukai?

Anda, kita, sang pemain adalah elemen terpenting dari sebuah game dan yang harus menjadi fokus utama setiap game designer.  Inti dari proses game design adalah menemukan komposisi tantangan yang tepat agar setiap pemain bisa mengekpresikan (kreativitas) dirinya ketika berusaha menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut. Ketika sebuah game mampu memberi tantangan yang sesuai bagi target pemainnya maka sebuah game pasti akan mudah diterima dan disukai oleh target pemain tersebut.

Mengenali karakter target pemain menjadi hal yang pertama harus kita lakukan dalam sebuah proses game design. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Richard Bartle setiap pemain bisa dikelompokkan ke dalam 4 tipe karakter berikut:
  • Achievers adalah karakter pemain yang selalu coba menaklukkan tantangan apapun demi pencapaian terbaik
  • Explorers adalah karakter pemain yang bersemangat menjelajah  area baru, mencoba hal baru, dan menemukan berbagai kombinasi baru.
  • Socialisers adalah karakter pemain yang begitu tertarik untuk selalu mendengar dan membangun hubungan dengan orang lain.
  • Killers adalah karakter pemain yang senantiasa rajin menemukan cara kreatif untuk menggangu atau menghambat pemain lain.

Seorang game designer kemudian harus mampu menghadirkan game yang tepat untuk berbagai karakter pemain yang menjadi target utamanya.  Hal ini sedemikian pentingnya sehingga kemampuan mengenali karakter pemain menjadi salah satu kemampuan yang harus selalu diasah dan ditingkatkan oleh seorang game designer.

Dengan kata lain seorang game designer harus selalu mengasah kemampuan empatinya. Ketika sebuah game didesain secara tepat sesuai dengan karakter dari target pemainnya maka game tersebut bisa dipastikan akan bisa dinikmati dan disukai.

Ketika kita telah mampu mengenali karakter dari target pemain kita, hal tersebut tidak merubah fakta bahwa sulit untuk menciptakan sebuah game yang akan disukai oleh semua semua orang. Oleh karena itu sepertinya akan lebih mudah dan lebih menyenangkan jika kita berusaha menciptakan sebanyak mungkin game, sehingga setiap orang kemudian bisa lebih mudah menemukan game yang mereka sukai.

Jika kita bisa konsisten melakukannya bersama-sama, satu hari nanti bukanlah hal yang tidak mungkin Indonesia menjadi pusat industri game dunia.

Sumber : kompas.com

01 April 2013

virus komputer paling merusak didunia

virus komputer paling merusak didunia

dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin mengenal komputer dan jaringan khususnya mereka yang bergelut dibidang jaringan dan bisnis online mereka tidak bisa lepas dari yang namanya komputer.dalam komputer banyak hal yang bisa kita lakukan termasuk kejahatan.salah satunya adalah pembuatan virus komputer yang merusak komputer kita.dibawah ini ada beberapa ulasan tentang virus komputer paling merusak didunia silahkan baca selengkapnya aja gan biar lebih tau dan kita juga semakin waspada agar tidak terserang virus komputer yang berbahaya.

1.storm worm
Muncul taon 2006, disebut “Storm Worm” karena nyebar via email dengan judul “230 dead as storm batters Europe”. Storm worm adalah program Trojan house. beberapa versinya bisa buat komputer menjadi bots. Atau biasa digunakan hacker untuk spam mail melalui internet.

2. Leap-A/Oompa- A


Mac yang punya konsep security through obscurity yakin tidak akan terserang virus karena OS nya sistem tertutup. Tapi tahun 2006, virus Leap-A atau biasa disebut Oompa-A muncul. Nyebar lewat iChat pada Mac. Setelah Mac terserang, virus itu akan mencari kontak melalui iChat dan kirim pesan ke tiap kontak itu. Pesannya itu berisi file corrupt yang berbentuk JPEG. Memang tidak berbahaya, namun hal ini menyatakan bahwa masih mungkin akan ada virus berbahaya yang menyerang MAC.

3. Sasser and Netsky
Penciptanya anak Jerman umur 17 tahun, Sven Jaschan. Sasser nyerang Microsoft Windows. Sasser ini ga nyebar via email. Tapi jika satu komputer koneksi ke komputer yang kena virus ini. Virus ini bikin komputer tidak bisa di-shutdown tanpa cabut power. Netsky nyebar melalui email dengan 22 Kb attachment file dan jaringan Windows. Bisa bikin serangan DoS. Sven Jaschan tidak dipenjara hanya diberi masa percobaan 1 taon 9 bulan, karena umurnya masih di bawah 18 taon.

4. MyDome (Novarg)
Mulai nyerang tanggal 1 Februari 2004, virus ini buat backdoor di OS. Pertama kali tanggal 1 itu mulai DDoS. Kedua, tanggal 12 Feb, virus ini berhenti menyebar dan mulai buat backdoors. MyDoom menyebar via email, selain itu selalu search di search engines, seperti Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian dan bikin lambat sampai akhirnya crash. Gara2 MyDoom, Senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center.

5.SQL Slammer/Saphire
Muncul Januari 2003, nyebar cepet lewat internet. Waktu itu bikin layanan ATM Bank Amerika crash, ancurnya layanan 911 Seattle, dan Continental Airlines membatalkan beberapap penerbangan karena eror check in ama tiketing. Bikin rugi lebih dari $1 milliar sebelum dipacthed.

6.Nimda
Ini juga tahun 2001, kebalikan dari kata “admiN”. Penyebarannya sangat cepat, menurut TruSecure CTO Peter Tippet, Nimda hanya butuh 22 menit buat menjadi Top Ten saat itu. Target nya server2 Internet, menyebar lewat Internet. Nimda akan ngebuat backdoor ke OS. jadi penyerang bisa akses ke server dan berbuat apa saja Nimda juga menjadi DDoS.

7.Code Red & Code Red II

Muncul musim panas 2001, nyerang OS Windows 2000 & NT. Virusnya bakal bikin buffer penuh jadi ngabisin memori. Paling seru waktu berhubungan ama White House, semua komputer yang kena virus ini bakalan otomatis akses ke web server di White House barengan, jadi bikin overload, alias serangan DDoS. Akhirnya Microsoft rilis patchnya saat itu.

8.The Klez
Nongol taon 2001, menyebar via email, replikasi trus kirim ke orang2 di address book. Bikin komputer ga bisa beroperasi, bisa berhentiin program antivirus.

9.ILOVEYOU
Abis “Melissa”, muncul dia dari Filipina, bentuk nya worm, program standalone dapat me-replikasi sendiri. Menyebar via email, judulnya”surat cinta” dari pengagum rahasia . Original file nya LOVE-LETTER- FOR-YOU.TXT. vbs. VBS singkatan Visual Basic Scripting. Penciptanya adalah Onel de Guzman dari Filipina.

10.Melissa
Dibikin taon 1999 sama David L Smith, basicnya Microsoft Word macro. Menyebar via email dengan dokumen “Here is that document you asked for, don’t show it to anybodey else.”. Kalau sampe dibuka, virus akan replikasi dan otomatis ngirim ke top 50 di address book email. Smith dipenjara 20 bulan ama denda $5000 dan melarang akses komputer tanpa pengawasan.
 
Hati-hatilah Sob
 

DanZen

DANZEN BLOG | Seputar Teknologi dan Internet

ads

Popular Posts