Terjemahan dari tujuan komunikasi ke dalam ungkapan atau kata yang sesuai untuk khalayak sasaran. Pesan dalam suatu media harus efektif dan kreatif, untuk itu pesan harus memenuhi hal-hal sebagai berikut :
1.Command Attention
Kembangkan suatu idea atau pesan pokok yang
Merefleksikan strategi desain suatu pesan.
Bila terlalu banyak ide, hal tersebut akan membingungkan khayalayak
sasaran dan mereka akan mudah melupakan pesan tersebut.
2.Clarify the Massage
Pesan haruslah mudah, sederhana dan jelas. Pesan yang effektif harus
memberikan informasi yang relevan dan baru bagi khalayaksasaran. Kalau
pesan dalam media diremehkan oleh sasaran, secaraotomatis pesan tersebut
gagal.
3.Create Trust
Pesan harus dapat dipercaya, tidak bohong, dan terjangkau.
Katakanlah masyarakat percaya cuci tangan pakai sabun dapat
mencegah penyakit diare, dan untuk itu harus dibarengi bahwa
harga sabun terjangkau dan mudah didapat didekat tempat tinggalnya.
4.Communicate a Benefit
Hasil pesan diharapkan akan memberikan
keuntungan, Khalayak sasaran termotivasi membuat Tempat
Sampah misalnya, karena mereka akan memperoleh keuntungan dimana anaknya
tidak akan membuang sampah sembarangan.
5.Consistency
Pesan
harus konsisten, artinya bahwa sampaikan satu pesan utama di media
apapun secara berulang, misal di poster, stiker, dll, tetapi maknanya
akan tetap sama
6.Cater to the Heart and Head
Pesan dalam suatu media harus bisa menyentuh akal dan rasa.
Komunikasi yang effektif tidak hanya sekedar memberi alasan teknis
semata, tetapi juga harus menyentuh nilai-nilai emosi dan
membangkitkan kebutuhan nyata
7.Call to Action
Pesan
dalam suatu media harus dapat mendorong khlayak sasaran untuk bertindak
sesuatu. Misal dengan ungkapan yang memotivasi kearah suatu tindakan
“Ayo, Mari,… dll
*sumber : DannKerzz.com
No comments:
Post a Comment