20 July 2013

Pesan Dalam Suatu Media

Terjemahan dari tujuan komunikasi ke dalam ungkapan atau kata yang sesuai untuk khalayak sasaran. Pesan dalam suatu media harus efektif dan kreatif, untuk itu pesan harus memenuhi hal-hal sebagai berikut :


1.Command Attention

Kembangkan suatu idea atau pesan pokok yang Merefleksikan strategi desain suatu pesan. Bila terlalu banyak ide, hal tersebut akan membingungkan khayalayak sasaran dan mereka akan mudah melupakan pesan tersebut.

2.Clarify the Massage

Pesan haruslah mudah, sederhana dan jelas. Pesan yang effektif harus memberikan informasi yang relevan dan baru bagi khalayaksasaran. Kalau pesan dalam media diremehkan oleh sasaran, secaraotomatis pesan tersebut gagal.

3.Create Trust

Pesan harus dapat dipercaya, tidak bohong, dan terjangkau. Katakanlah masyarakat percaya cuci tangan pakai sabun dapat mencegah penyakit diare, dan untuk itu harus dibarengi bahwa harga sabun terjangkau dan mudah didapat didekat tempat tinggalnya.

4.Communicate a Benefit

Hasil pesan diharapkan akan memberikan keuntungan, Khalayak sasaran termotivasi membuat Tempat Sampah misalnya, karena mereka akan memperoleh keuntungan dimana anaknya tidak akan membuang sampah sembarangan.

5.Consistency

Pesan harus konsisten, artinya bahwa sampaikan satu pesan utama di media apapun secara berulang, misal di poster, stiker, dll, tetapi maknanya akan tetap sama

6.Cater to the Heart and Head

Pesan dalam suatu media harus bisa menyentuh akal dan rasa. Komunikasi yang effektif tidak hanya sekedar memberi alasan teknis semata, tetapi juga harus menyentuh nilai-nilai emosi dan membangkitkan kebutuhan nyata

7.Call to Action

Pesan dalam suatu media harus dapat mendorong khlayak sasaran untuk bertindak sesuatu. Misal dengan ungkapan yang memotivasi kearah suatu tindakan “Ayo, Mari,… dll
*sumber : DannKerzz.com

No comments:

Post a Comment

DanZen

DANZEN BLOG | Seputar Teknologi dan Internet

ads

Popular Posts